Kenali Gejala Diabetes, Sebelum Terlambat

Kenali Gejala Diabetes, Sebelum Terlambat – Banyak orang yang tidak menyadari telah mengidap diabetes. Diabetes telah menjadi penyebab kematian ke-6 terbesar dari seluruh kematian pada semua kelompok umur di Indonesia. Prevalensi diabetes didominasi oleh jumlah penderita yang tidak terdeteksi dan tidak mengkonsumsi obat sebesar 73% dari total keseluruhan penderita diabetes di Indonesia. Sedangkan untuk sisanya adalah yang terdeteksi dan mengalami gangguan glukosa sebesar 10.2%.

Menurut data yang diperoleh dari Federasi Diabetes Internasional bahwa jumlah penderita diabetes di tanah air telah mencapai 8.554.155 orang pada tahun 2013. Dengan data tersebut tentu menjadikan Indonesia sebagai negara dengan populasi terbanyak ke-7 di dunia pada tahun 2013 setelah China, India, Amerika Serikat, Rusia dan Brazil.

Mengingat hal tersebut di atas, tentu penting adanya untuk mengetahui gejala-gejala penyakit diabetes ini. Di antaranya adalah :

  • Merasa mudah lelah

Ini terjadi karena pada saat menderita diabetes, hormon insulin tidak aktif bekerja sehingga terjadi penumpukan glukosa sehingga menyebabkan tubuh menjadi lemas dan mudah lelah.

  • Kulit kering

Pada penderita diabetes, kulit menjadi kering karena adanya neuropati perifer yang mempengaruhi sirkulasi serta fungsi kelenjar keringat.

  • Mudah haus

Merupakan salah satu pertanda yang paling umum akibat dari ginjal yang hanya menyerap sebagian cairan.

  • Proses penyembuhan luka yang lama

Terjadi sistem kekebalan tubuh yang menurun karena hormon insulin tidak bekerja sehingga proses penyembuhan luka menjadi lama.

  • Berat badan turun drastis

Patut diwaspadai apabila mengalami penurunan berat badan yang drastis padahal tidak sedang melakukan diet.

  • Penglihatan menjadi kabur

Penglihatan menjadi kabur akibat dari adanya peningkatan kadar glukosa yang merusak pembuluh darah dan mengurangi cairan yang ada dalam lensa mata. Gangguan penglihatan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kebuataan.

  • Kaki sering kesemutan

Meningkatnya kadar gula dalam darah mempengaruhi sistem saraf dan ini menyebabkan ketidakmampuan untuk merasa serta munculnya rasa seperti terbakar pada tangan dan kaki.

  • Infeksi kulit

Munculnya infeksi kulit dan luka dalam jangka waktu yang lama karena sistem kekebalan tubuh menurun.

  • Rasa lapar yang berlebihan

Dapat meningkatkan rasa lapar pada saat tubuh mengeluarkan banyak cairan.

Anda patut mewaspadai dan hati-hati dengan penyakit diabetes karena penyakit ini merupakan penyakit yang mematikan dan dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi. Hindari beberapa pola hidup yang tidak sehat yang dapat memicu timbulnya penyakit ini. Silahkan kunjungi : www.obatdiabetes.co.id

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s